• Rabu, 7 Desember 2022

Begini Penanganan Polres Bogor Terkait Kasus Warga Rancabungur Pura-Pura Meninggal Dunia Viral di Medsos

- Senin, 21 November 2022 | 13:35 WIB
Restorative justice pada kasus warga Rancabungur, Kabupaten Bogor, Urip Saputra (US) yang berusia 40 tahun yang berpura-pura meninggal dunia (Twitter Polres Bogor)
Restorative justice pada kasus warga Rancabungur, Kabupaten Bogor, Urip Saputra (US) yang berusia 40 tahun yang berpura-pura meninggal dunia (Twitter Polres Bogor)

PETROMAXNEWS.COM, Jakarta - Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Jawa Barat, menerapkan restorative justice pada kasus warga Rancabungur, Kabupaten Bogor, Urip Saputra (US) yang berusia 40 tahun yang berpura-pura meninggal dunia dan aksinya viral di media sosial (medsos).

"Ketika subjek hukum ini mengambil langkah-langkah untuk rasa keadilan, dengan mekanisme yang sekarang ada yaitu restorative justice, saya rasa itu lebih bermanfaat dan lebih barokah bagi kita semua," kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin dikutip PetromaxNews.com dari AntaraNews pada Senin, 21 November 2022.

Baca Juga: Berikut Sejumlah Kompensasi Diterima Karyawan Go To Terkena PHK Jumat Kemarin termasuk Konseling Hingga 2023

Dalam proses penegakan hukum terdapat tiga unsur yang perlu disepakati untuk tujuan tersebut yakni keadilan, kemanfaatan, dan kepastian. Hal itu yang melandasinya mengambil tindakan restorative justice.

"Mudah-mudahan perkara saudara US, bagi kita semuanya menjadi pembelajaran, karena langkah dan tindakan yang kita lakukan mengandung konsekuensi," ujarnya.

Baca Juga: Ini Tanggapan Lemkapi Terkait Kuasa Hukum Teddy Minahasa Sebut Perkataan Kliennya Disebut Hanya Bercanda

Pasalnya, Urip Saputra sudah menyampaikan permohonan maaf kepada publik di Mapolres Bogor.

"Ide tersebut muncul karena ada perasaan untuk menghindar dari kewajibannya membayar utang. sekarang yang bersangkutan juga sudah sadar dan menyampaikan permohonan maaf," ujarnya.

Baca Juga: Berikut Hasil Survei Tentang Investasi Aset Kripto di Indonesia pada September 2022, Ini Diungkap Tokenomy

Halaman:

Editor: Mochamad Ade Maulidin

Sumber: antaranews.com

Tags

Terkini

X