Begini Alasan LPSK Cabut Perlindungan Terhadap Terpidana Kasus Pembunuhan Brigadir Josua, Richard Eliezer

- Minggu, 12 Maret 2023 | 09:45 WIB
Kantor LPSK di Jakarta Timur. (foto google maps ahmad suyitno)
Kantor LPSK di Jakarta Timur. (foto google maps ahmad suyitno)

PETROMAXNEWS.COM, Jakarta - Sangat disayangkan tentunya, perlindungan terhadap terpidana Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E harus dicabut oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Pencabutan perlindungan kepada Richard Eliezer disampaikan Tenaga Ahli LPSK, Syahrial Martanto Wiryawan karena dianggap melakukan hal yang bertentangan dengan pasal 30 ayat 2 huruf C Undang-Undang No 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban.

Richard Eliezer diketahui melakukan wawancara dengan salah satu stasiun televisi yang disebut tanpa mendapatkan persetujuan dari pihak LPSK.

“Sehubungan telah terjadinya komunikasi pihak lain dengan saudara RE untuk melakukan wawancara yang akan ditayangkan dalam program salah satu stasiun TV tanpa persetujuan LPSK,” kata Syahrial dalam keterangannya, dikutip PetromaxNews.com dari PMJNews pada Sabtu 11 Maret 2023.

Syahrial mengaku pihaknya sudah melayangkan surat keberatan kepada pimpinan stasiun televisi yang mewawancarai Richard, serta meminta untuk tidak menayangkan wawancara tersebut.

“Karena terdapat konsekuensi tentunya terhadap perlindungan saudara RE,” ucapnya.

Meski begitu, penghentian pemberian perlindungan terhadap Richard tidak menggugurkan haknya sebagai saksi pelaku yang bekerja sama atau Justice Collaborator dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

“Penghentian perlindungan ini tidak mengurangi hak narapidana Richard Eliezer sebagai Justice Collaborator,” ucap Syahrial.

Richard Eliezer sejatinya memperoleh lima program perlindungan yang diberikan oleh LPSK, yakni perlindungan fisik, pemenuhan prosedural, pemenuhan hak saksi Justice Collaborator, perlindungan hukum dan juga bantuan psiko-sosial.***

Editor: Zainurrazi

Sumber: pmjnews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X