• Rabu, 7 Desember 2022

Pemprov Jabar Siapkan BLT Bagi Pekerja Terdampak PHK Akibat Resesi Global Tahun Depan, Ini Penjelasannya

- Jumat, 18 November 2022 | 17:02 WIB
Subsidi Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan akibat resesi pada 2023.  (Instagram @ridwankamil)
Subsidi Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan akibat resesi pada 2023. (Instagram @ridwankamil)

PETROMAXNEWS.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menyiapkan subsidi Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan akibat resesi yang diperkirakan terjadi pada 2023.

"Kepada yang terdampak langsung, kena PHK oleh perusahaan yang perdagangannya global karena pesanan turun, pabrik kurangi produksi. Nah, nanti ada Bantuan Langsung Tunai (BLT)," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil dikutip PetromaxNews.com dari AntaraNews pada Jumat, 18 November 2022.

Baca Juga: 14 Wilayah di Jadetabek Buka Gerai Layanan Samsat Untuk Bayar Pajak Kendaraan Bermotor oleh Polda Metro Jaya

Sebagian besar pekerja yang berpotensi mengalami PHK bergerak di sektor padat karya seperti perusahaan tekstil yang melakukan perdagangannya secara global.

Pasalnya, saat resesi melanda global pesanan barang akan menurun berakibat pabrik mengurangi jumlah produksi yang dampaknya pada pengurangan karyawan.

"Yang terdampak biasanya yang berhubungan dengan padat karya, tekstil dan lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Begini Penjelasan Lengkap Bappebti Terkait Alasan Penghentian Perdagangan Aset Kripto Token FTX di Indonesia

Ridwan Kamil mengemukakan BLT akan disalurkan saat dilakukan pengumuman terjadi kondisi kedaruratan.

Pihaknya sudah mengalokasikan untuk BLT bagi pekerja terkena PHK dari anggaran Biaya Tak Terduga dan Dana Transfer Umum sebesar dua persen.

Halaman:

Editor: Mochamad Ade Maulidin

Sumber: antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X